Oleh: atrasku | Agustus 12, 2008

Sejarah komputer

Sejak zaman kuno, manusia telah menggunakan bilangan . Bahkan suku-suku paling primitif telah melakukan perhitungan rumit yang diperlukan untuk pertanian, perniagaan dan navigasi. Alat untuk mempermudah perhitungan macam itu dimulai dari batu penghitung zaman prasejarah dan meningkat maju dengan abakus (swipoa).

Baru abad ke-17 para tukang patri jerman dan prancis menemukan alat yang lebih baik , yaitu mesin jumlah yang pertama yang bekerja dengan gerigi dan roda-roda yang saling berkait. Pada abad ke 19, Charles Babbage dari inggris merancang sebuah mesin bertenaga uap yang dapat menghitung akar pangkat 2 , akar pangkat 3 , dan fungsi eksponen lainnya . Meskipun Babbage tidak pernah mengembangkan “Mesin Analisis” ini selain tahap contoh itu, ia sudah menerapkan banyak asas seperti yang digunakan dalam komputer modern.

Dengan ditemukannya listrik , muncul pula kalkulator listrik yang berdasarkan kartu berluang serta relai. Komputer modern pertama bukanlah karya satu orang , melainkan hasil percobaan tahun 1930-an dan 1940-an di Inggris, Amerika serikat, dan Jerman. Komputer awal yang paling banyak dikenal ialah The Electronic Numerical Integratorand Computer , atau ENIAC , yang dibangun tahun 1946 dengan tabung-tabung hampa di universitas Pennsylvania , America Serikat

Dalam 50 tahun terakhir , terjadi kemajuan yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan orang . Komputer telah memasuki kehidupan sehari-hari dalam berbagai macam bentuk . Dalam berikutnya akan kita bahas bagaimana kerja mesin itu, dan aneka penemuan cerdik yang telah merintis jalan menuju komputer.


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: